Dikampung kami mainan ini biasa disebut gambaran

November 20, 2010 at 15:55 1 komentar

Lagi jalan-jalan sama Ayah, Nara lihat ada pedagang mainan yang menjual poster dengan gambar bernard bear. Gambar Bernardnya tidak hanya satu, tetapi ada banyak dan setiap gambarnya dibatasi oleh garis pembatas.


melihat gambar itu, Ayah teringat permainan ayah dimasa kecil dahulu, materialnya berupa kertas cukup tebal yang ada gambarnya. Ukuran asli mainan ini sebesar kertas HVS yang terdiri atas 16/24 gambar yang di batasi garis pembatas.biasanya kertas HVS Ini dipotong mengikuti garis pembatasnya. Sehingga hasil akhirnya didapatkan gambar kecil-kecil berukuran 5×6 cm.jika teman-teman pernah mendengar, bentuknya seperti kwartet

Gambar yang terdapat dikertas ini bermacam-macam, ada gambar binatang, tumbuhan, atau jagoan fiksi. Terkadang dalam bentuk aslinya gambar tersebut bercerita tentang suatu kisah.di tiap gambar selalu terdapat angka, angka ini di bentuk aslinya berurutan Ayah Nara tidak tahu nama mainan itu di bagian bumi yang lain, tapi dikampung rawa bebek, permainan itu biasa disebut gambaran.

Ukuran kehebatan seseorang dalam permainan ini bisa diukur dari banyaknya gambaran yang dimilikinya, mainan ini bisa dimainkan dalam berbagai macam bentuk diantaranya

Kyu-kyu
Artinya 99, ini salah satu aplikasi mainan yang bisa diterapkan pada mainan gambaran. Aplikasi permainan ini bisa dimainkan dua orang atau lebih. Namun biasanya dimainkan empat orang.layaknya permainan kartu remi. Gambaran dibagikan kemasing-masing pemain. Jumlah kartu yang dibagikan bergantung kesepakatan, ada empat-empat atau lima-lima.

Kartu ini kemudian dijumlahkan, dengan pola 2 kartu dan 3 kartu (untuk konfigurasi lima-lima) atau 2 kartu dan 2 kartu. Angka yang mendekati 99 adalah yang menang. Misal kita memiliki gambaran dengan angka 23,16,09,20,23. Maka 16 digabungkan dengan 23, jika angka tersebut dijumlah menjadi 39. Namun yg diambil cukup angka satuannya saja yaitu angka 9 atau qyu. Kombinasi berikutnya yaitu 09,20 dan 23, maka jika ketiga angka ini dijumlahkan, maka akan menjadi 52, jika diambil angka satuannya yaitu 2, maka secara total nilainya menjadi 9,2 atau qyu dua. Semakin tinggi nilainya maka orang tersebutlah pemenangnya.
Meskipun permainan ini sedikit mirip dengan judi, namun permainan ini mengajarkan kita berhitung dan bersiasat.

Teplokan
Jenis permainan lainnya yang bisa dimainkan adalah teplokan. Permainan ini cuma bisa dimainkan dua orang.masing-masing pemain mengeluarkan satu gambaran yang menjadi favoritnya, kemudian gambaran tersebut diteplok dengan gambaran lawan main kita (mirip orang yang sedang melakukan tos). Setelah diteplok masing-masing gambaran dijatuhkan. Gambaran siapa yang posisi gambarnya berada diatas(terbuka) maka dialah pemenangnya. Jika hasil teplokan sama-sama tertutup atau sama-sama terbuka maka teplokan diulang kembali.

Sebaran
Sedikit mirip dengan teplokan, namun caranya dengan menyebar (melempar ke atas) gambarannya, gambaran siapa yang dalam posisi terbuka maka dialah pemenangnya. Berbeda dengan teplokan, permainan jenis ini bisa dimainkan dengan jumlah berapapun.

Entry filed under: My Lovely Uncategorized. Tags: .

Partisi/pembatas antar ruang (proses pembangunan Rumah) Penggantian thermostat radiator Greco silvo

1 Komentar Add your own

  • 1. Tri Drian  |  November 23, 2010 pukul 16:49

    Tidak beda jauh dengan masa kecil saya. Main teplokan…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 678,727 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: