Penggantian thermostat radiator Greco silvo

November 28, 2010 at 22:00 4 komentar

14 November 2010

Waktu Nara jalan-jalan bersama ayah dan bunda ke TMII, ditengah jalan, suhu mesin greco sudah melebihi setengah,

wah overheat nih, begitu kata ayah. Segera Ayah tepikan greco didekat rumah sakit pasar rebo. Setelah dicheck ternyata air direservoir penuh,akhirnya air direservoir dibuang sebagian, tunggu sebentar, alhamdulilah suhu mesin kembali ke setengah.

17 November 2010
Waktunya check radiator Greco nih, setelah di check, ada sedikit tetesan air didekat katup pembuka dibagian bawah, segera Ayah meluncur keteman dinamo, untuk pengecekan lebih detail dan proses perbaikan

Sesampai teman dinamo, radiator dibuka, dan dibersihkan, setelah selesai pengecekan kebocoranpun dimulai. Ternyata tidak ada kebocoran di radiator, kebocoran justru terjadi pada katup penutup bagian bawah. Saat diteliti lebih detail, kebocoran terjadi karena karet pada katup penutup bagian bawah sudah tidak elastis lagi, akhirnya katup penutup diganti dengan katup lain seharga 15 ribu.

Setelah dipastikan tidak ada kebocoran. Radiator dipasang ditempatnya semula. Taklupa mesin dinyalakan untuk proses pengetesan.ups setelah beberapa lama mesin dinyalakan, air dari radiator yang menuju ke arah mesin masih dingin, wah “thermostatnya kayanya bermasalah nih pak, seharusnya ketika mesin sudah panas air dari radiator yang sudah didinginkan, segera didistribusikan ke mesin” begitu penjelasan sang teknisi. Ditambah lagi ada tetesan air di selang yang berada didekat thermostat.

Thermostat
Mau dicopot ngak pak thermostatnya? Setelah diberi penjelasan oleh sang mekanik, dengan berat hati thermostat pun dilepas, sambil dibersihkan sisa sil yang menempel pada selang total biaya service pembersihan radiator plus penggantian katup radiator dan pencopotan thermostat 100 rb.

Apa sih fungsi si thermostat? karena penasaran Ayah mencari informasi mengenai part yang satu ini, ternyata komponen yang satu ini berfungsi sebagai pengatur suhu mesin agar cepat ideal, detailnya bisa dibaca disini ya http://www.saft7.com/suhu-tepat-bbm-hemat/ , selain itu tidak dipasangnya thermostat juga bisa berimbas kepada lamanya penurunan suhu mesin ketika temperatur mesin melebihi setengah, detailnya bisa dibaca disini http://mazwiku.wordpress.com/2010/08/24/starletku-kepanasan-gara-gara-thermostat-dilepas-1/.

20 November 2010

Melihat pentingnya thermostat ini, Ayah segera mencari sparepart ini diRamanda Depok (Auto sparepart). Setelah tanya-tanya Ayah diarahkan ke toko sparepart xxxx. setelah pencarian yang cukup lama, karena bingung part numbernya berapa (untung Ayah bawa thermostat copotannya, jadi bisa langsung di check ini sparepartnya atau bukan) untuk teman-teman yang mencari kode spare part thermostat, kodenya adalah 90916-03115 dengan suhu kerja 82 derajat celcius.  Harga thermostat dan silnya ditawarkan dengan harga 170 rb, lebih mahal sih dari info temen-temen di milist, tapi karena Ayah Nara sedang tidak mood cari-cari ketempat lain, akhirnya thermostat dan silnya ditebus dengan harga 170 rb.

Karena sudah janjian dengan teman dinamo, pemasangan thermostat dilakukan di Teman Dinamo dengan biaya service 25 ribu, sekarang temperatur mesin sudah normal kembali.

Entry filed under: My Lovely Gundam. Tags: , , , .

Dikampung kami mainan ini biasa disebut gambaran Gimana sih membalik profile di pathloss?

4 Komentar Add your own

  • 1. Wiku AA  |  Desember 3, 2010 pukul 16:11

    temperatur greco silvo nya sudah normal kan?

    Balas
    • 2. gyannara  |  Desember 3, 2010 pukul 17:28

      Sudah normal Mas? Wiku. terimakasih sudah mau main kesini

      Balas
  • 3. Wiku AA  |  Desember 3, 2010 pukul 16:23

    Mungkin, kondisi yang dimaksud oleh mekanik radiator itu adalah thermostat tidak mau membuka pada suhu yang sudah direncanakan, sehingga pendinginan air tidak terjadi sebagaimana mestinya….
    Cara testing thermostat sangat mudah, tinggal direbus pada air. Jika suhu tertentu tercapai, seharusnya membuka penuh…..

    Balas
    • 4. gyannara  |  Desember 3, 2010 pukul 17:30

      ternyata begitu ya, ngetest thermostat, sayang thermostatnya keburu dipotong sama mekaniknya. thanks atas infonya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 678,727 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: