Agustus 2020
Berhubung pembangunan rumah di Cilebut sedang on progress, kayaknya harus sudah mulai di pikirkan untuk sambungan listriknya nih, pikir Ayah, jadilah kita meminta bantuan orang untuk crosscek, biaya penyambungan baru. Setelah menunggu satu pekan, akhirnya dapat info, untuk penyambungan baru PLN dengan daya 900 watt, biayanya 1,4 juta. wah lumayan juga ya.
saat sedang berkunjung ke Rumah Engkong dan Eyang Mami, Eyang tanya, Listrik sudah dipasang belum?
Ayah : Belum Mah, kemarin sih ada yang nawarin 1.4 juta pasang baru
Eyang Mami : Mahal banget, Eyang kemarin pasang cuma habis 900 rb, cepet lagi prosesnya
Ayah : ohh gitu
Eyang Mami : Apa mau mamah daftarin?
Ayah : nanti aja Mah, Ronald cari-cari info dulu
jadilah sepulang dari rumah Engkong, Ayah browsing cari-cari informasi mengenai biaya penyambungan listrik. Alhamdulillah nemu informasi untuk proses penyambungan listrik di webnya PLN berikut:
https://web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/sambungan-baru
Langsung deh coba-coba masukin data, untuk proses penyambungan baru. ternyata seperti informasi Eyang Mami, biaya untuk sambungan baru PLN dengan daya 900 watt, biaya nya 900rb an.
Awal September 2020
Setelah installasi listrik rumah selesai, mulailah Ayah proses pendaftaran sambungan PLN via online/website PLN. sebenarnya tidak perlu menunggu installasi listrik selesai, karena saat penginputan data di Web, bisa diinformasikan estimasi tanggal kesiapannya, berikut prosesnya.
Memasukan data pribadi, alamat rumah, daya yang mau dipasang, untuk kepeluan apa, dan lain sebagainya.

setelah pengisian data selesai, selanjutnya, bisa dihitung biayanya, untuk daya 900 watt, berikut biayanya (sudah termasuk token sebesar 20rb)

usai pengisian, akan ada konfirmasi nomor kode booking, nomor agenda , dan jenis transaksinya, selanjutnya, kita akan diarahkan untuk pembayaran pemasangan baru ini.

setelah pembayaran dilakukan, kita bisa langsung mengecek status permohonan pelanggan di alamat URL berikut
https://web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online
pada informasi, pilih status permohonan pelanggan

setelah itu, masukan kode booking, saat kita selesai memasukkan data untuk mendaftar .

setelah memasukkan kode booking dan kode gambar yang ada disebelah kiri, kita bisa melihat status pemasangan sambungan baru, pada bagian bawah

Seminggu berlalu, namun tidak ada kabar, atau telp yang masuk, padahal info eyang Mami, sekitar 2 hari setelah permohonan, biasanya PLN langsung akan telp untuk survey dan pemasangan. Ayah cek status permohonan ternyata tetap sama seperti seminggu yang lalu.
Akhirnya Ayah inisiatif untuk menelpon PLN di 123 pilih menu 3 (untuk pengaduan). Setelah telp diterima oleh Customer service PLN, mereka akan meminta nomor kode booking, serta nomor telp yang bisa dihubungi. nanti akan dibuatkan laporan, dan ditindaklanjuti. oh iya laporan baru bisa dilakukan melewati setelah 5 hari kerja dari tanggal pembayaran ya.
malam harinya setelah pelaporan, Ayah di WA oleh nomor dari PLN Bogor barat, infonya Ayah diminta untuk menunggu karena untuk pemasangan masih banyak antrian yang belum selesai, sayangnya saat Ayah tanyakan kapan estimasi realisasi pemasangannya, tidak ada balasan.
dua minggu berlalu, masih tidak ada kabar dan update, status permohonan di Web masih tetap sama. Ayah pun membuat laporan kembali di 123, dan malamnya Ayah di WA kembali, oleh PLN Bogor barat, tapi masih belum menyebutkan kapan akan dipasang, hanya diminta menunggu
di minggu ketiga Ayah coba buat laporan lewat e-mail, Alhamdulillah diminggu ketiga ada telpon dari PLN, PIC ini info, kalau beliau akan datang ke Lokasi untuk survey sekaligus pemasangan. dan saat Ayah check status pemasangan di Web, ternyata sudah ada perubahan yaitu cetak perintah kerja

sorenya Listrik terpasang di Cilebut, Alhamdulillah. dan besoknya saat cek status permohonan pelanggan di Web PLN, semua task sudah terisi, berikut screenshotnya

total Waktu yang dibutuhkan dari mulai pendaftaran dan pembayaran sekitar tiga minggu. Bravo PLN, semoga layanannya semakin ditingkatkan
Yuk daftar sambungan baru lewat Web PLN.