ternyata toilet berbayar juga ada di Eropah

September 14, 2018 at 02:50 Tinggalkan komentar

16 August 2018

kirain toilet berbayar itu cuma ada di Indonesia, dimana kalau kita sedang ditempat wisata, di rest area atau SPBU kita ingin ke kamar kecil, kita akan mintakan untuk membayar uang saat keluar dari toilet, biasanya sekitar 2rb rupiah saja. Walaupun tidak semua tempat di Indonesia membebankan biaya jasa ini ke pengunjung, namun kebiasaan membayar jasa sudah melekat di budaya kita. jadi saat berkunjung ke Objek wisata atau sedang jalan keluar kota, Ayah selalu menyediakan uang kecil untuk urusan yang krusial ini (bisa berabe kalo ngak di keluarkan, bisa bikin penyakit, makanya krusial, hehehe)

ngomong-ngomong soal toilet berbayar, Ayah berpikir (tumben mikir) kalau kamar mandi atau toiletnya milik pribadi boleh-boleh saja mengutip uang jasa ini, namun kalau toilet ini milik perusahaan atau negara, sebaiknya uang jasa bersifat sukarela. kalau mau bayar silahken yang tidak bisa membayar juga silahken, jangan sampai orang mau ke toilet harus menahan atau melampiaskan di pohon pisang karena tidak ada uang, hehehe

saat berkunjung ke Eropa barat, ternyata toilet di sini juga berbayar, haaaaaaah!!!!tidak tanggung-tanggung, kalau di Indonesia bayar toilet 2rb rupiah, disini bayarnya 1 Euro, kira-kira setara dengan 17rb. bisa 8x bolak-balik nih kalo di Indonesia, hehehe.

bedanya toilet di Eropa dengan di Indonesia, menurut Ayah toilet di Indonesia lebih manusiawi, kok bisaaaa??

kalau toilet di Indonesia, biaya jasa baru dikenakan setelah menunaikan hajat atau setelah memakai toilet, tapu kalau di Eropah biaya jasa sudah di minta diawal sebelum masuk toilet, alias, kita tidak bisa masuk atau menunaikan hajat sebelum kita membayar, lebih manusiawi toilet di Indonesiakan?

ini salah satu informasai toilet berbayar 1 Euro tepatnya di objek wisata danau Titisse di Jerman

toilet berbayar di Jerman.

oh iya, tapi jangan gara-gara toilet berbayar kita menahan buang air kecil ya, nanti malah bisa sakit. atau jangan juga karena toilet disini berbayar kita Buang air kecil di pohon pisang ya, karena kemarin ngak nemu pohon pisang di mari, jadi lebih sulit cari pohon pisang dari pada cari toilet hehehehe.

tapi jangan khawatir, tidak semua toilet di Eropa berbayar 1 Euro, ada juga yang setengah Euro seperti yang Ayah jumpai di Bruges atau Brugge.

Toilet 0.5 Euro

ngomong-ngomong toilet berbayar, tidak semua toilet berbayar di Eropa benar-benar berbayar loh,…. Maksudnya, uang yang kita keluarkan untuk membayar toilet ini bisa di refund dalam bentuk potongan, jika kita berbelanja di toko tempat toilet ini berada.

seperti toilet yang Ayah jumpai di Swiss ini.

ini salah satu toilet berbayar yang bisa di refund.

pada bagian depan mesin toilet tersebut, dijelaskan, kita akan mendapatkan voucher yang bisa digunakan untuk mengurangi atau memotong jumlah uang yang kita belanjakan

ini kupon/voucher yang bisa di refund

kupon ini bisa mengurangi sejumlah 1 CHF (swiss franc) saat berbelanja di minimarket tempat toilet ini berada. oh iya satu kupon yang bisa mengurangi 1 item belanjaan ya. kalau punya 2kupon tidak bisa digabung untuk mengurangi 1x belanja.

Jangan khawatir, tidak semua toilet di Eropa berbayar, ada kok yang free, jadi selama di Eropa, jangan takut ke toilet ya, daripada sakit nahan buang air

Iklan

Entry filed under: My Lovely Journey. Tags: , .

Dirgahayu RI ke 73 UNESCO world heritage site for world heritage travellers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 785.509 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: