Tahun baru Islam

November 5, 2013 at 06:36 Tinggalkan komentar

1 Muharram 1435 Hijriyah/5 November 2013

Alhamdulillah dapet tambahan hari libur, itulah kata-kata gembira yang pertama kali muncul saat mengetahui hari selasa ini berwarna merah. Hari libur artinya lebih banyak waktu untuk keluarga, maklum Ayah belum termasuk pengusaha yang bebas mengatur hari liburnya.

Lihat-lihat di kalender, ternyata hari libur ini adalah hari pertama dalam tahun hijriyah alias tahun baru Islam. Ayah teringat, dahulu sekali, ada seorang teman bertanya kenapa sih perlu ada tahun baru hijriah? Kan sudah ada tahun kabisat alias tahun Masehi.

Refensi Ibadah dan amal sholeh
Dalam mukadimah kajian dengan judul “jangan berhenti sebelum garis finish” di Masjid An-Nuur menara Sudirman, Syafiq bin Riza Bassalamah, 26 Juli 2013 lalu. Beliau membacakan Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36
image

Ada 4 bulan Haram/Suci, kalau kita tidak ingat bulan-bulan tersebut, kita akan kehilangan momen-momen penting.

Ayah juga teringat, kajian ust Sulam dan khutbah Jum’at ust Arman Amri 11 Oktober 2013, yang menjelaskan tentang keutamaan 10 hari bulan Dzulhijjah.

“Tidak ada hari dimana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah,pen.).” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh, pen.).” (HR. Bukhari, Ahmad, dan At-Turmudzi).

Dan mungkin masih banyak lagi ibadah lainnya yang tentu saja berpedoman kepada tanggalan atau kalender hijriah, Kalau kita tidak tahu atau tidak ingat sudah bulan apa dan tanggal berapa, bagaimana kita mau melakukan ibadah dan beramal Sholeh.

Yuk, mulai terbiasa menggunakan penanggalan hijriyah, agar kita tidak ketinggalan momen-momen penting untuk beribadah dan beramal sholeh.

Tobe continue, masih perlu tambahan dan pengeditan lebih lanjut.

Entry filed under: My Lovely Islam. Tags: .

Kisah dari Jayapura, selamat berkat keegoisan?? Monumen Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 678,727 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: