Terpaksa ganti henpon

Agustus 12, 2013 at 16:52 1 komentar

3 Agustus 2013

Mumpung libur sudah tiba, Ayah dan Bunda berencana mengajak eyang Kung dan eyang Uti silaturahim ke tempat om Dion dan ummi di Serang Banten, sekalian mencoba berbuka puasa dengan cilok Serang. Bersama Eyang Kung dan Eyang Uti berangkatlah De Saputro (Ayah, Bunda, mas Nara dan dede Ran) menuju serang.

Tilawah

Saat di Serang, sambil menunggu waktu berbuka, Ayah sempatkan untuk bertilawah Al-Qur’an menggunakan bantuan blackberry(BB) kesayangan, sejak mengetahui baca Al-Qur’an menggunakan bantuan BB, Ayah mulai merutinkan untuk membaca Al-Qur’an. Dengan bantuan BB bertilawah Al-Qur’an makin mengasikkan, karena Ayah bisa langsung membaca arti dari setiap ayat, ya itung-itung belajar bahasa Arab dan pelan-pelan mentadaburinya.Selain itu kita bisa bookmark/menandai ayat terakhir yang dibaca.

Berhubung bulan Ramadhan hampir meninggalkan kita, aktivitas tilawah sedikit dipercepat dan diperbanyak. sayangnya si BB tidak bisa diajak berkompromi, beberapa kali Ayah harus mengulangi bacaan Al-Qur’an karena bookmark ayat tidak berhasil tersave dihalaman terakhir. Dan upaya untuk menandai dengan note, tidak banyak membantu, karena untuk mengakses note sama sulitnya dengan belajar suatu hal yang baru tapi tidak disukai aka sering bikin sebel, mungkin ini pelajaran buat Ayah agar jangan terlalu mengandalkan gadget untuk aktivitas rutin seperti ini.

Sebenarnya sebelum berangkat menuju serang, BB kesayangan sudah mulai menunjukkan gejala kerusakan, tapi Ayah biarkan. Namun sepulang dari Serang gejala kerusakan BB semakin parah, untuk mengetik pesan, sering kali terpencet, sampai henpon Ayah dijuluki henpon azis gagap oleh seorang teman di group chat. Ditambah si BB sering menelpon dan kirim message sendiri tanpa disuruh.

Iseng-iseng browsing masalah BB di forum-forum internet, katanya solusinya mudah, cukup dibersihkan saja jalur PCB didalam BB, Ayahpun tertantang, segera cari obeng T5 di toko dan aktivitas bongkar dimulai. Sayangnya kerusakan BB bukannya membaik malah bertambah parah, kalau sebelumnya trackpad hanya sering kepencet sendiri, sekarang aktivitas ke kanan dan kekiri, malah lebih sulit. jadi deh si BB di lem biru (lempar ke kasur dan beli baru)

Menentukan Henpon pengganti
Cukup sulit menentukan henpon pengganti dengan waktu yang singkat dan bekal pengetahuan yang minim.

IOS-ANDROID-WINDOWS PHONE?

Sebelumnya Ayah memang sudah lihat-lihat henpon tapi karena belum serius, Ayah tidak terlalu memperhatikan spesifikasi dan kelebihan fitur masing-masing henpon, hanya sekedar angin lalu saja.
Sempat tertarik Iphone4 yang sedang discount, tapi sayang memorynya terlampau kecil, hanya 8G saja.

Sebelum bergerak jauh menentukan hanset yang dipilih, Ayah harus menentukan operating system mana yang cocok untuk Ayah
si Apple malang dengan IOSnya, Android atau Nokia dengan windows phonenya, yang pasti blackberry sudah tidak lagi menjadi kandidat henpon Ayah selanjutnya, karena menurut pendapat pribadi Ayah, management memorynya kurang OK, beberapa kali, di momen spesial, BB sering bermasalah dan solusinya adalah cabut batere.

Setelah mendapat inputan dari beberapa user experience yang cukup objective dan ulasan dari internet diputuskan untuk memilih Android, karena fungsi HP yang Ayah butuhkan paling banyak di penuhi oleh Android.
1.IOS, sempat kesengsem sama product Apple yang satu ini, namun alasan kemudahan perpindahan data (foto, ceramah, kajian, data kerjaan), terutama yang berbasis MP3 menjadikan Ayah urung memilih henpon dengan operating yang satu ini (maklum akhir-akhir ini Ayah sering mendengarkan kajian-kajian Islam yang sourcenya banyak diambil di internet, dan informasi user experience untuk fitur yang satu ini kurang bisa dipenuhi oleh IOS)
2. WINDOWS PHONE
Sedikit tertarik dengan OS yang dibawa oleh Nokia, berhubung support aplikasinya masih kurang jika dibandingkan dengan dua kandidat lainnya, batal deh pilih kandidat ini
3. ANDROID
Fungsi yang ayah biasa gunakan
– Foto, kamera menjadi salah satu tolok ukur Ayah dalam memilih gadget, maklum Ayah cukup senang berfoto-foto selain untuk keperluan blogging, juga untuk keperluan dan kesenangan pribadi. Sebenarnya dari user experience teman-teman, kamera Nokia dengan Windows phonenya adalah yang terbaik dari ketiga kandidat, namun karena tereleminasi dari sisi aplikasi windows phone tidak terpilih.
– Transfer data, foto, music, ceramah, kajian, video dan teman-temannya untuk keperluan blog dan menambah ilmu, fitur yang kedua ini yang memantapkan Ayah memilih Android sebagai henpon berikutnya. Maklum tranfer data, terutama mp3 ceramah atau kajian, lebih mudah dilakukan di Android

Selanjutnya adalah memilih henphone android mana yang akan dipilih, dari sisi harga dan spesifikasi ada 4 kandidat yang menjadi kandidat yaitu
– Samsung Galaxy note 2
– Samsung Galaxy S3
– Samsung Galaxy S4
– Sony Experia ZL

Selasa, 6 Agustus 2013
Tak kenal maka tak sayang
Setelah yakin dengan kandidat henpon yang akan dipilih, diputuskan jalan ke Margo city, untuk melihat-lihat, memegang dan mendengarkan kelebihan fitur-fitur masing-masing henpon. Setelah melihat, memegang dan mencoba, kandidat ke empat yaitu Sony Experia gugur dari nominasi, karena model dan tampilannya kurang cocok dengan selera Ayah.

Alih-alih mengecek sisanya, Ayah hanya tertarik Samsung Galaxy S4, maklum di counter Samsung, tipe ini dipajang paling depan dan ada beberapa hanset dengan warna yang berbeda (walaupun sangat tidak tertarik harganya, hehehe) berhitung dan menimang sambil melihat counter lainnya siapa tau ada promo, akhirnya dengan persetujuan menkeu aka Bunda, diputuskan untuk ambil Galaxy S4 sebagai henpon Ayah selanjutnya.
image

Sedih sih meninggalkan teman-teman di BB, tapi mau bagaimana lagi, Ayah terpaksa ganti henpon deh (terpaksa atau memaksakan diri, hehehehe)

Tampilan dan fitur Al-Qur’an di Android lebih oke dari pada di BB, mudah-mudahan dengan tampilan yang lebih OK ini, Ayah menjadi lebih sering membaca Al-Qur’an, jadi azas manfaat penggantian henpon sedikit demi sedikit terpenuhi.
Ngomong-ngomong henpon, berikut list henpon Ayah dari masa- kemasa

1. Nokia 5110
2. Samsung Blue on
3. Nokia N-GAGE QD (berbarengan dengan henpon ini, sempet punya henpon pendamping merk Huawei yang dipakai untuk operator esia)
4. Nokia (seri apa ya, monochrome mirip 3110 deh, pinjeman dari counter om Ricky, kalo ini kayaknya ngak masuk list deh, namanya juga pinjeman)
5. Blackberry Onyx 1
6. Samsung Galaxy S4

Jadi apa henpon kamu?

~Tulisan ini dibuat menggunakan bantuan Samsung Galaxy S4 dan sedikit editing menggunakan laptop~

Entry filed under: My Lovely Uncategorized. Tags: , , , .

Jalan-jalan ke Madame Tussauds Tokyo yuk. Set limit pemakaian data Android kita yuk

1 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 678,727 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: