Kok ngak bisa diputar ya

April 27, 2013 at 09:28 18 komentar

Sejak Ayah tau LCD LG yang ada dirumah bisa memutar film-film high definition (HD), ayah mulai keranjingan untuk copy film-film HD dari teman-teman. Sayangnya film- film HD ukurannya lebih besar dari biasanya, jadilah external hardisk (HDD) sebesar 2Tera segera penuh.

Tidak bisa diputar
Alhamdulilah akhir May 2012 dapat tambahan rezeki dari kantor, jadilah Ayah menambah 1 external HDD untuk media penyimpanan. Aktivitas copy film-film HDpun dilanjut kembali. Saat waktu senggang, barulah Ayah coba tonton film-film yang Ayah copy dirumah, ups tapi beberapa movie berformat Matroska (MKV) tidak bisa di putar di LCD LG kenapa nih? nih penampakan movie yang tidak bisa di play

ciri-ciri movie yang tidak bisa di putar adalah preview atau thumbnail pada LCD berupa angka 5 dengan tanda silang kecil

Cari-cari info di beberapa forum, mengenai kenapa beberapa movie tidak bisa di putar.

Alhamdulilah dapat beberapa refensi walaupun bukan untuk LCD LG, namun tidak ada salahnya dicoba :

start quote————————————————————————————————-

1. Ada beberapa jenis file yang tidak disebutkan di manual book-nya kalo file tersebut di-support oleh built in media playernya Samsung.
a. File “flv” bisa di-play.
b. File “m2ts” bisa di-play, cukup dengan cara mengubah extensionnya menjadi “mp4”
c. FIle “vob” bisa di-play, cukup dengan cara mengubah extensionnya menjadi “mpg”

2. Ada beberapa file mkv yang tidak bisa di-play, penyebabnya adalah “Format Profile: High@L5.1” bisa dicek dengan menggunakan software “media info”. Untuk mengatasinya, gunakan software “IDC Multi Changer” untuk mengubah dari version 5.1 menjadi 4.1. Prosesnya memakan waktu tidak sampai 1 detik.

3. Soal subtitle, di mana embedded subtitle (menyatu dg file mkv) tidak bisa dibaca, solusinya pakai “MKVextract”. File subtitle-nya dikeluarkan dari file mkv tsb, jadi muncul tersendiri. Kalo sudah dlm format “srt” atau “smi”, tinggal di-rename menjadi nama yang sama dengan nama file mkv. Kalau masih dalam format lain yang tidak dikenali oleh built in media playernya samsung, bisa diconvert dulu menjadi format “srt” atau “smi” menggunakan software “Subtitle Workshop”.

4. Ada beberapa file demo LCD TV yang bit rate-nya di atas 25 Mbps(maksimum yg bisa diputar oleh built in media player samsung). Contoh: ‘Samsung Demo Oceanic Life’ yang 40 Mbps, bisa diturunkan bit rate-nya menjadi 10 sampai 20 Mbps menggunakan software “Handbrake”.

5. Ada kemungkinan waktu muter film mkv tertentu bisa nge-lag nge-lag gitu.
Penyebabnya, bisa file-nya yg bermasalah, kalo ini gak bisa diapa-apakan. Tapi bisa juga karena “cluster size” dari Harddisk terlalu kecil. Standar pabrikan adalah 4 Kb. Diubah dengan cara format harddisk, pilih size cluster 64 Kb. Sebelum format, backup dulu data2 di dlm harddisk.

6. ketika mau play mkv file keluar “file not supported” coba cek mkvmerge nya versi berapa pake mediainfo.versi 4 ke atas bermasalah klo di jalanin di C530.

yg uda ane temuin
versi 4.3 file not supported
versi 4.1 video jalan tapi audio ga keluar.
buat ngatasin nya tinggal mux ulang pake versi dibawah versi 4.
cara nya tinggal add aja file mkv nya pake mkvtoolnix trus start muxing d.
—————————————————————————————————End Quote

source : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=425706269#post425706269

tips no 2, sudah diikuti, namun movienya tetap tidak bisa di putar, mungkin karena beda merk LCD kali ya, hehehehe,

Namun saat ayah coba cek no 6, ternyata benar, beberapa film yang writing applicationnya diatas versi 4 yaitu 5.01, movienya tidak bisa dikenali dan diputar. berikut hasil pengecekan writing application untuk film yang tidak bisa di putar LCD LG menggunakan bantuan software Media Info.

Media info1

Writing application menggunakan MKV merge V5.0.1

Langsung cari software MKVmerge dengan versi dibawah versi 4, dan yup dapat versi 3.2, ujicobapun dimulai, add movie yang akan di remuxing,

MKV merge

untuk output file, MKV merge akan mengauto generate dilokasi folder yang sama dengan nama ada tambahan karakter (1), kecuali jika kita menginginkan lokasi folder dan nama yang berbeda. untuk meremuxing, cukup klik tombol start muxing yang ada dibagian bawah window MKVmerge.

MKV merge1

proses muxingpun dimulai

MKV merge2

dan yup hanya butuh waktu kurang dibawah satu menit untuk meremuxingnya dengan MKVmerge.

Ujicoba

Sebelum ujicoba apakah movie hasil remuxing bisa di play atau tidak di LCD LG, Ayah check dan compare hasil file movie original dan movie hasil re-muxing dengan bantuan software Media Info, berikut komparasinya, selain writing application dan writing librarynya, semuanya sama.

MKV merge4

Hasil komparasi parameter dari Media info

Selanjutnya ujicoba untuk play movie di LCD LG, dan hasilnya file hasil remuxing sudah terkenali dan bisa di play di LCD LG

MKV merge3

tobe continue

Entry filed under: My Lovely Home. Tags: , , , , .

Tas Koper kecil untuk si kecil Kakek Tua penjual oncom

18 Komentar Add your own

  • 1. bupunsu  |  Mei 7, 2013 pukul 11:51

    woooow thanks gan, mau coba dulu soalnya LCD LG gw juga nggak bisa putar MKV, malah parahnya sekarang putar MPG, AVI juga nggak bisa, mudah2x an melalui cara ini bisa ya gan…..🙂

    Balas
    • 2. gyannara  |  Mei 7, 2013 pukul 18:58

      Sipp mas Bupunsu

      semoga berhasil

      salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 3. bambang  |  Desember 28, 2013 pukul 02:47

    salam admin, izin bertanya;

    saya sudah melakukan langkah 2 dan 6, tapi led samsung 40 full hd masih tidak mau memutar (file tidak didukung). apakah penyebabnya karena masih ada baris ini (saya lihat di MediaInfo); “Muxing Mode: Container Profile=High@5.1”? padahal di Format Profile sudah berubah menjadi “High@4.1”. kalau ini masalahnya, bagaimana cara menghilangkannya?

    intinya, bagaimana caranya supaya file bisa diputar namun DTS codec tetap dipertahankan karena beberapa software seperti Avidemux dan MakeMkv selalu merubahnya menjadi Dolby Digital.

    sekedar info, sebenarnya saya sudah berhasil dengan software DVDFab Converter versi 9 (Trial), cuma karena ada logo DVDFab pada tampilan filmnya (karena Trial), rasanya kurang mantap. hehe…

    terima kasih sebelumnya atas pencerahannya. salam…

    Balas
    • 4. gyannara  |  Januari 7, 2014 pukul 11:40

      Dear Mas Bambang

      Mohon maaf baru sempat respons, abis liburan soalnya, hehehe.
      untuk merubah profile dari high@5.1 ke 4.1 pakai IDC Multichanger, namun untuk kasus saya, tetap tidak bisa diputar. Sebenarnya saya sudah coba mengconvert data menggunakan handbrake, dan hasilnya MKV jadi bisa diputar, namun belum sempat cek detail parameter yang berubah dan belum sempet posting, mungkin coba diconvert menggunakan software handbrake.

      Semoga membantu
      Salam

      Ayah Nara & Ran

      Balas
  • 5. tricute  |  Mei 20, 2014 pukul 09:57

    Maaf mau nanya di tv LG saya ada satu file yg klo mau diputar malah tv mati tiba2. Film “Seven Psycophaths” kulaitas Brrip dgn size 800-an mb, format nya .mkv Padahal klo di puter dilaptop aman2 saja. Mohon bantuannya, terima kasih.

    Balas
    • 6. gyannara  |  Agustus 1, 2014 pukul 13:35

      Dear Mas/Mbak Tricute

      Mohon maaf telat merespons, saya pernah juga tuh, solusinya saya generate lagi movienya pakai MKVtool.

      Salam
      Ayah Nara & Ran

      Balas
  • 7. Becky S  |  Juni 18, 2014 pukul 15:35

    salam admin, mau tanya:

    TV LCD saya mereknya Polytron, saya suka nonton film barat, film-film yang saya habis download dari internet yang kemudian saya masukan ke flash untuk dicolok ke TV LCD saya…
    Semua versi bisa terputar, entah itu mkv, flv, mpeg dll… Tapi sayangnya, subtitlenya itu memang ada tapi ukurannya sangat sangat kecil… Hanya film-film yang menggunakan hardsub (subtitle yg sudah menempel dengan film) yang bisa terbaca dengan jelas (ukurannya besar)… Klo untuk softsub, itu hasilnya kecil sekali…

    mungkinkah sang admin bisa membantu saya?
    thanks….

    Balas
    • 8. gyannara  |  Agustus 1, 2014 pukul 13:32

      Dear Mas Becky

      Mohon maaf telat merespons, lagi sibuk2nya kerjaan kantor. untuk polytron kebetulan tidak ada pengalaman, namun kalau mas sudah pernah coba dengan hardsub hasilnya oke, berarti di hardsubkan saja filmnya mas sebelum dimasukkan ke flash disk.

      salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 9. achmad  |  Juli 21, 2014 pukul 11:58

    siip thanks gan

    Balas
  • 10. Sebastian  |  September 18, 2014 pukul 20:45

    tanya dong mas, tv saya LG juga, mau nonton film copyan dari dvd masih ekstensi vob pun bisa diplay, cuma subtitlenya bahasa inggris, gmna gantinya ya? pas diplay di laptop, bisa diganti ganti subtitlenya jd bhs indo, pas di tv, semua tombol remote dah aq pencetin, tetep az ga ganti subtitlenya.. mohon pencerahan dong.. Trims

    Balas
    • 11. gyannara  |  November 30, 2014 pukul 15:14

      sorry baru sempet respons, lagi sibuk urusan kantor nih. sepertinya LCD cuma bisa ambil default subtitle (text 1). jadi kalau mau pilih-pilih harus ubah dari sourcenya. eh tapi Dulu kayaknya saya pernah coba otak-atik source subtitle dan kita bisa milih subtitlenya, tapi berhubung remote TV saya rusak, jadi belum sempet coba-coba.

      Balas
  • 12. Wiwin Ary  |  Oktober 29, 2014 pukul 09:57

    pagi . ..
    ayah Nara
    mau nanya niee sya kan baru beli LED TV LG tpi pas mau nonton DRAKOR failnya bisa kebuka tpi gak ada subtitel nya😦
    tpi kalo d kompoter ada kok😀

    mohon bantuan nya Ayah Nara
    Makasih😀

    Balas
    • 13. gyannara  |  November 9, 2014 pukul 03:35

      Dear Mbak Ary

      mohon maaf telat merespons, lagi banyak kerjaan nih, jadi blognya ngak ke urus. untuk file yang subtitlenya tidak muncul, disebabkan file subtitlenya (srt) sudah dicombine kedalam file movienya. kalau ingin ditampilkan di LED, kita bisa download file sub yang sesuai movienya, atau kita extract dari movienya. jangan lupa srtnya disamakan dengan nama movienya dan dijadikan satu folder.

      semoga membantu

      salam
      Ayah Nara & Ran

      Balas
    • 14. gyannara  |  November 30, 2014 pukul 15:03

      sorry mbak wiwin, baru sempat respon
      kalau seperti itu biasanya subtitlenya sudah embedded di filmnya. untuk menampilkan subtitlenya, mbak wiwin bisa download srt filenya dari internet atau bisa ekstrak dari movienya (dengan software tambahan). setelah ada srt filenya, jangan lupa untuk dinamakan/rename namanya sama persis dengan nama movienya dan di tempatkan di folder yang sama dengan movienya.

      selamat mencoba
      salam

      Ayah Nara & Ran

      Balas
  • 15. Luthfi Prasetya  |  Januari 15, 2015 pukul 09:01

    permisi mas, saya uda coba donload mkvmerge tapi saya dapatnya yg versi 5.9 dan ketika digunakan is not working,, kalo boleh saya mau minta yg versi 2.3 seperti yg mas bilang. terima kasih

    Balas
  • 16. Andry Febrian  |  Maret 26, 2015 pukul 19:32

    boleh minta link download IDC multi changer nya mas. saya muter2 google gak nemu2 link nya –“

    Balas
    • 17. gyannara  |  Mei 25, 2015 pukul 08:43

      udah lama ngak otak-atik movie nih mas, jadi belum bisa bantu banyak

      salam
      Ayah Nara & Ran

      Balas
  • 18. mochammad sidik  |  Mei 25, 2015 pukul 19:33

    Mau tanya nich?TV saya samsung 5100 nggak bisa ngeplay file vidoe flv.padahal di buku pedoman ada.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 678,727 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: