Mudahnya perpanjangan SIM di layanan SIM keliling kota Depok

Januari 31, 2013 at 13:23 19 komentar

Hampir expire
29 Januari 2013
Kebetulan hari ini tidak bawa bekal dari rumah, jadi siangnya makan siang bareng om Indra, sambil asik menyantap makan siang, om Indra cerita, kalau hari ini dia habis perpanjang sim C di layanan sim keliling Polres Depok, katanya prosesnya simple, cukup bawa sim asli, dan fotocopy KTP, kemudian isi formulir,foto, terus jadi deh

Selesai makan, Ayah penasaran, kapan ya, masa berlaku sim Ayah habis, segera buka dompet dan ternyata masa berlaku sim Ayah akan habis tanggal 3 Februari 2013 yang jatuh hari minggu besok, kayaknya kesempatan perpanjang sim tinggal minggu ini saja, kalau ngak, bakal kena denda ngak ya?yang lebih penting lagi, tak tenang rasanya bawa sim yang sudah kadaluarsa.

Jadwal sim keliling Depok
Info om Indra, jadwal sim keliling untuk rabu besok, ada di DTC maharaja, penasaran dengan jadwal sim keliling Depok, ayah coba browsing dan yup, jadwal untuk hari rabu (30 Januari 2013)ada di DTC maharaja.

Informasi lokasi SIM keliling Depok untuk pertanggal 29 Januari

Jadwal SIM keliling Depok, ternyata hari sabtu dan minggu juga ada loh

malah untuk layanan SIM malam katanya ada juga di ITC Depok, yaitu hari sabtu dan Minggu, untuk informasi ini, Ayah sendiri belum check langsung di ITC, apakah ada atau tidak.

30 Januari 2013

Berbekal, informasi dari om Indra dan browsing di internet, Ayah berangkat menuju ke DTC Maharaja, sampai disini, sudah ada beberapa orang yang berkumpul untuk memperpanjang SIM. untungnya ada orang yang mengkoordinir pengumpulan SIM dan fotocopy KTP, jadi urutan, berdasarkan pengumpulan SIM dan fotocopy tersebut. tidak berapa lama, mobil perpanjangan SIM pun tiba di lokasi.

SIM Kelilingpak Polisi sedang memasang Tenda di Mobil SIM keliling

Setelah tenda, terpasang dan kursi disusun, mulailah pemanggilan nama berdasarkan urutan SIM dan Fotocopy KTP yang sebelumnya dikoordinir sebelumnya.

Sim keliling 1

pemanggilan namapun dimulai

Pemanggilan nama ini , disertakan penyerahan formulir isian. ini dia penampakan formulirnya:

SIM Keliling 2Formulir isian untuk perpanjangan SIM

Jika ingin urutan panggilan berubah, disinilah kesempatannya. isi, formulir ini secepatnya, semakin cepat dikumpulkan, maka semakin cepat pula dipanggil untuk proses selanjutnya. sayangnya, Ayah mesti mengisi 2 formulir sekaligus, yaitu formulir perpanjangan SIM A dan formulir perpanjangan SIM C, jadi waktu mengisinya lebih lama dibanding rekan-rekan lain.

Formulir yang sudah di isi dikumpulkan kembali ke petugas yang melakukan pengambilan, mereka kemudian mengecek, sekaligus mencatat semuanya kedalam buku arsip, setalah di check dan di catat, mereka akan memasukkan lembar formulir kedalam mobil, untuk proses pemanggilan foto dan cetak SIM. sambil menunggu proses pemanggilan, petugas yang sebelumnya mengumpulkan formulir, meminta kita tandatangan di sepotong kertas, sepotong kertas itu kemudian dipegang masing-masing penandatangannya. kertas ini nantinya akan disertakan saat proses foto, untuk melengkapi cetak SIM.

Tidak berapa lama, ada pengumuman dari pengeras suara, yang menginformasikan, akan segera dipanggil untuk proses foto per 8 orang, untuk yang dipanggil namanya silakan masuk kedalam mobil. Sampailah kloter ketiga nama Ayah dipanggil, segera Ayah masuk kedalam mobil. di Dalam mobil ada satu petugas (ibu-ibu) yang bertugas memanggil nama-nama yang akan difoto, petugas ini juga yang bertugas melakukan proses foto dan cetak SIM, juga bertugas sebagai kasir pembayaran perpanjangan SIM. sebelum proses dimulai Ibu petugas ini akan mengkonfirmasi data yang sudah di input, setelah OK, maka petugas ini akan melakukan proses foto. Setelah foto, tinggal menunggu SIM selesai dicetak (kira-kira 5 menit).

Sim keliling 4Jadilah perpanjangan SIM

Setelah menerima SIM yang sudah dicetak, kita serahkan uang pembayaran SIM, baik SIM C dan SIM A, biayanya sama yaitu sebesar 160 rb untuk satu SIM.

Selamat memperpanjang SIM di layanan SIM keliling kota Depok, terimakasih Pak Polisi yang sudah membuat perpanjangan SIM semakin mudah.

perpanjangan SIM bunda

Sabtu, 29 November 2014
hari ini, seperti yang sudah direncanakan, mau nemenin Bunda perpanjang SIM yang baru expire. cari informasi jadwal perpanjangan SIM keliling di kota Depok tercinta. dan untuk hari sabtu jasa perpanjangan SIM keliling berlokasi di pusat perbelanjaan Margo city.

Sebelum memasuki area parkir Margo city, confirm dulu ke security apakah benar SIM keliling ada di sini. dan yup ternyata benar, lokasinya disekitar parkiran motor.

image

SIM keliling di area parkiran motor Margo city

Prosesnya kurang lebih masih sama dengan proses yang Ayah informasikan dibagian atas, yaitu menyerahkan fotocopy KTP, dan SIM asli, kemudian mengisi formulir.
image

siap-siap isi formulir.

Setelah formulir diisi, tandatangan di kertas kosong dan menunggu dipanggil untuk sesi foto, cetak dan bayar, untuk SIM A biayanya140rb rb rupiah

Entry filed under: Tak Berkategori. Tags: , .

Bertransmisi otomatis dengan New silver Edo Tokyo Museum

19 Komentar Add your own

  • 1. adi  |  Februari 15, 2013 pukul 12:08

    Itu formulir isinya apa pak??
    Pengin tau aku, blm pernah perpanjang sim, masih 2tahunan lg kayaknya perpanjang.

    Balas
    • 2. gyannara  |  Februari 15, 2013 pukul 13:14

      Dear Mas Adi

      Seputar data pribadi mas, nama, alamat, tempat/tanggal lahir, tinggi badan, nomor SIM lama, alamat darurat yang bisa dihubungi, dan sebagainya.

      Salam
      Ayah Nara

      Balas
      • 3. adi  |  Februari 15, 2013 pukul 13:18

        Uji praktek dan tulis lagi ga pak??

      • 4. gyannara  |  Februari 15, 2013 pukul 13:21

        Dear Mas Adi

        ngak mas, ngak ada uji praktek dan tulis lagi, karena SIM keliling ini hanya melayani perpanjangan, tidak melayani pembuatan SIM baru.

        Salam
        Ayah Nara

      • 5. adi  |  Februari 15, 2013 pukul 13:24

        Oke deh pak, trimakasih atas infonya🙂

  • 6. Harry Pasya  |  Maret 9, 2013 pukul 07:20

    saya ingin bertanya pak…sim C saya telah habis masa berlakunya pada tanggal 12 Januari 2013 k3marin, menurut kabar yang saya dengar perpanjangannya sama dengan proses pembuatan sim baru. apakah hal ini benar adanya..?kalaulah benar persyaratan apa yang harus saya penuhi dan biayanya berapa..? thanks atas jawabannya

    Balas
    • 7. gyannara  |  Maret 9, 2013 pukul 20:44

      Dear Mas Harry

      Memang kemarin sempat ada wacana seperti itu, namun setau saya belum dijalankan, lebih baik mas coba dulu, perpanjang SIMnya di layanan SIM keliling, karena semakin lama tidak diperpanjang, khawatirnya waktunya habis (setau saya batasnya sampai 6 bulan),besarnya biaya perpanjangan sebesar 160rb.

      salam
      ayah Nara

      Balas
  • 8. steve  |  Maret 24, 2013 pukul 06:39

    halo pak salam kenal, maaf pak saya ingin bertanya, sim C saya habis di bulan september tahun ini, tapi ada rencana dalam waktu dekat akan keluar kota dalam waktu beberapa bulan, kira” jika saya perpanjang di bulan maret ini, bisa tidak ? apa ada penambahan biaya lagi pak ?
    soalnya saya takut disaat bulan september, saya belum bisa pulang, karena saya juga membawa kendaraan dari depok, jadi takut sim saya mati nantinya .. mohon bantuannya ya pak, terima kasih

    Balas
    • 9. gyannara  |  Maret 24, 2013 pukul 11:19

      Dear Mas Steve

      Waduh saya kurang tau, kalau waktunya masih lama. waktu saya perpanjang SIM, ada orang lain yang masa berlakunya akan habis sebulan lagi, dan dia bisa perpanjang, tapi kalau 6 bulan lagi, saya kurang paham. mungkin ada rekan lain yang punya pengalaman atau tau mengenai informasi ini?

      saran saya, kalau layanan perpanjang SIM keliling berada dekat dengan daerah mas tinggal, coba saja mampir sebentar, terus tanya-tanya apakah bisa perpanjang SIM 6 buan sebelum masa berlaku SIM habis atau tidak.

      Salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 10. arie  |  April 9, 2013 pukul 13:29

    maaf pak saya mau nanya
    : kalau alamat sekarang sudah berubah lain antara ktp sama sim nah SIM C saya habis tgl 4april kemaren..bisakah sy perpanjang??syarat apakah yg musti saya bawa…terimakasih…

    Balas
    • 11. gyannara  |  April 9, 2013 pukul 13:39

      Dear Mas Arie

      Sepertinya bisa, nantinya alamat yang tercetak pada SIM baru akan mengikuti alamat di KTP, untuk detailnya mungkin bisa langsung ke layanan SIM keliling. untuk syarat yaitu sim asli, dan fotocopy KTP.

      Salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 12. ari  |  Juni 25, 2013 pukul 11:25

    Mau tanya mas, kalo sim jkt di mutasi ke dpk bisa ngga ya? Trmksh

    Balas
    • 13. gyannara  |  Juni 28, 2013 pukul 14:00

      Dear Mas Ari

      Sepertinya sih bisa mas, untuk lebih detailnya, sebaiknya langsung ke layanan SIM kelilingnya.

      salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 14. Kakbayu  |  November 25, 2013 pukul 16:16

    Tanggal 1 Desember SIM saya habis, beruntung baca info ini. Bener tuh biayanya 160ribu? Soalnya kalau STNK biayanya suka gak jelas tiap tahunnya.

    Balas
    • 15. gyannara  |  November 26, 2013 pukul 11:08

      Dear Kak Bayu

      Waktu mengurus SIM di layanan SIM keliling kota Depok akhir januari lalu, biaya yang saya keluarkan 160rb rupiah per satu SIM, kurang tau kalau sekarang biayanya naik.

      Salam
      Ayah Nara & Ran

      Balas
      • 16. kakbayu  |  Desember 3, 2013 pukul 01:22

        Saya sudah memperpanjang, cuma 150ribu🙂

      • 17. gyannara  |  Desember 3, 2013 pukul 10:08

        Alhamdulillah, lancar kan mas

        Salam
        Ayah Nara & Ran

  • 18. ahmad  |  Agustus 6, 2014 pukul 13:11

    pak apakah kita bisa ngurus perpanjangan SIM di DKI ?sedang SIM yang lama SIM Jatim?mohon jawabanya

    Balas
    • 19. gyannara  |  Agustus 17, 2014 pukul 04:29

      Sepertinya sih bisa mas, tapi saya kurang paham alurnya

      Salam
      Ayah Nara & Ran

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 679,229 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: