Perpanjang STNK di Detos

Agustus 23, 2012 at 03:46 9 komentar

Lagi lihat- lihat STNK , baru ngeh, kalo pajak mobil Greco habis dibulan ini. harus segera diperpanjang nih.

10 Agustus 2012,

Kebetulan di Detos (Depok townsquare) sudah ada outlet samsat, jadi sambil perpanjang bisa sembari ngemall. Sengaja datang lebih awal sampai detos pukul 09.25, ternyata eh ternyata bukan hanya outlet samsatnya yang belum buka, tapi detosnyapun, pintunya masih tertutup, jadi deh Ayah dan Mas Nara bersama puluhan orang lainnya menunggu di belakang (karena letak outlet samsat berada di mall bagian belakang).

Untuk yang belum tahu letak outlet samsat, outlet berada satu lantai diatas lantai basement, dideket-deket ATM center. Kalo bingung tanya tanya pedagang di sekitar situ atau pak Satpam.

Foto outlet Samsat di Depok Town square

Pukul 10 tepat, pintu masuk Detos dan outlet samsat dibuka, orang-orang yang ingin memperpanjang STNK, termasuk Ayah bersegera menyerahkan map beserta syarat-syarat memperpanjang STNK. Berikut syarat-syaratnya :
1. Fotocopy BPKB
2. Fotocopy STNK
3. Fotocopy KTP
4. STNK asli
5. KTP asli

Sebaiknya seluruh berkas sudah disiapkan sebelum diserahkan dibagian pengecekan dokumen, dan pastinya semua berkas dimasukkan kedalam map (maksudnya bukan peta ya), beberapa orang yang tidak membawa map, terpaksa mencari di toko/outlet disekitar samsat, sehingga urutan pengecekanpun menjadi mundur kebelakang.

Bagian yang memeriksa dokumen ini ada disebelah kiri. Jika syarat sudah komplit maka petugas pemeriksa, akan menyerahkan berkas ke bagian lain disebelahnya. Namun jika syarat ada yang tidak komplit, maka petugas bagian pemeriksa dokumen akan memanggil nama pemilik stnk, dan menjelaskan apa yang kurang dari syaratnya.

Setelah berkas diserahkan dibagian disebelahnya, petugas yang diserahkan berkas tersebut mulai menginput data ke komputer (sepertinya data nomor kendaraan) dan dari printer akan tercetak jumlah uang yang perlu dibayarkan. Jika proses dibagian ini lancar, list hasil cetak biaya yang harus dibayarkan akan diserahkan ke bagian kasir. Namun jika ada masalah (seperti kepemilikan mobil dengan nama dan alamat yang sama/pajak progresif), maka petugas akan memanggil dan mengkonfirmasi apakah kendaraan yang lain masih dimiliki atau tidak. Jika tidak, maka petugas akan meminta kita mengisi surat pernyataan di atas materai, bahwa mobil lainnya sudah tidak dimiliki.

Dari bagian kasir, nama-nama wajib pajak akan dipanggil satu persatu, disinilah kita menyerahkan uang untuk pajak kendaraan yang akan diperpanjang. Selesai membayar pajak, kita akan diberikan tanda bukti pembayaran.

Tidak sampai 5 menit dari bagian kasir, Nama Ayah sudah dipanggil bagian lain. Yaitu bagian yang menyerahkan STNK hasil perpanjangan. Tanda bukti yang didapat dibagian kasir diserahkan dibagian ini sebagai syarat mendapatkan STNK, dan yap, STNK baru sudah berada ditangan

Totally waktu yang dibutuhkan dari mulai penyerahan berkas berkisar 49menit, dan lagi biaya yang dikeluarkan tidak ada tambahan sama sekali, sama dengan biaya Pajak mobil yang dibayarkan.

20 September 2012

Bertepatan dengan tanggal pemilihan Gubernur Jakarta, Ayah dan Bunda berencana memproses STNK di Detos kembali, kali ini STNK yang akan di urus adalah mobil Avanza  dan Motor Bunda. Untuk mobil kebetulan masih dalam proses lising (atau kredit masih berlangsung), sehingga sebelum perpanjangan STNK dimulai, jauh-jauh hari Ayah sudah meminta fotocopy STNK dan surat keterangan bahwa BPKP sedang di jaminkan bank penyelenggara lising.

Berbekal proses perpanjangan STNK sebelumnya, Ayah dan Bunda segera menuju ke Detos, tepatnya outlet samsat. Berkas di tumpuk di tempat pengumpulan berkas

Letak pengumpulan berkas ini masih di bagian paling kiri.

Sebelum nama Bunda dipanggil dibagian pembayaran (Kasir), nama Bunda sudah dipanggil terlebih dahulu dibagian penyeleksi berkas, artinya, ada dokumen yang tidak lengkap. dan ternyata dokumen yang tidak lengkap itu adalah legalisir dari samsat, yang menyatakan BPKB memang sedang dijaminkan di lising/bank. Informasi dari petugas pemeriksa, ayah diharapkan ke Samsat untuk melegalisir dokumen perpanjangan. Sambil menunggu proses STNK yang Alhamdulilah tidak ada masalah, Ayah mencari lokasi samsat Depok. dan 1 jam sejak Ayah mulai proses perpanjangan, STNK motor selesai.

Samsat Depok

Setelah STNK motor berada di tangan, Ayah dan Bunda menuju ke samsat Depok. Berbekal informasi yang didapat dari teman dan hasil browsing saat menunggu proses perpanjangan STNK, diketahui, letak Samsat Depok berada di Jalan merdeka Depok 2 (dekat Kecamatan Sukma jaya.  tidak sampai setengah jam, Ayah dan Bunda sudah sampai di samsat Depok. kebetulan sedang istirahat siang. Proses legalisir dokumen perpanjangan STNK, dilakukan di TU (Tata usaha)

Belum sampai pukul 13.00, loket legalisir di TU sudah dibuka, untungnya antrian yang akan melegalisir surat perpanjangan STNK tidak terlalu banyak, sehingga cukup 5 menit, legalisir selesai dilakukan. Biaya untuk legalisir di TU samsat sebesar 20rb rupiah.

Ini nih tanda dokumen sudah dilegalisir (diberi cap dengan tulisan R4).

Selesai legalisir dokumen proses perpanjangan STNK bisa dilanjutkan kembali, baik di outlet samsat di Detos atau di Samsat.

17 September 2013

Waktunya perpanjangan STNK B110 dan G1300 di Detos, prosesnya seperti perpanjangan STNK tahun lalu, cuma kali ini Ayah akan beri tips lain, yaitu supaya prosesnya lebih cepat: caranya adalah dengan datang lebih awal (Ayah sampai di Detos jam 9.45), kemudian masuk lewat basement (kebetulan parkir motor ada di basement), saat kebagian outlet samsat, outletnya belum dibuka, namun dibagian depan ada meja yang dijadikan tempat untuk menumpuk berkas/map, tumpuk berkas yang sudah dimasukkan kedalam map,  dan tunggu sampai buka. Jam 10 teng, pintu Detos dibuka, banyak orang bersegera masuk, untuk meletakkan berkas, ternyata banyak yang belum mengetahui, kalau kita bisa masuk lewat basement. dan benar saja, hanya setengah jam nama Ayahpun dipanggil dan STNK yang sudah diperpanjang diterima.

Pindah ke ITC Depok

baru ngeh kalau STNK si beat belum diperpanjang, maklum tiga bulan terakhir ini kerjaan kantor sedang banyak-banyaknya, jadi ngak sempat meluangkan waktu untuk perpanjang STNK.

18 Oktober 2014

Sekalian ajak mas Nara dan dede Ran jalan-jalan, mampirlah de Saputro ke outlet Samsat di Detos. ternyata oh ternyata outlet samsat yang ada di Depok townsquare sudah pindah ke ITC Depok lantai mezzanine

20141018_113315

pengumuman outlet samsat Detos pindah ke ITC Depok

29 November 2014

Selesai mengurus perpanjangan SIM bunda di Margo city, Ayah bersama bunda meluncur ke ITC Depok. Awalnya sempat ragu, mau ke Samsat dijalan merdeka atau ke outlet samsat di ITC Depok saja, maklum STNK yang akan diperpanjang sudah telat 2 bulan lebih. khawatir tidak bisa memperpanjang STNK yang sudah telat di outlet ITC Depok. Untungnya saat memperpanjang SIM di Margo tadi, pak Polisinya meyakinkan kalau untuk pengurusan STNK yang telat beberapa bulan masih bisa diurus di outlet ITC Depok. jadilah Ayah Bunda meluncur kesana.

image

suasana perpanjangan STNK di outlet Samsat ITC Depok

Syaratnya masih sama dengan penjelasan Ayah diatas, waktu yang dibutuhkan dari penyerahan berkas sampai STNK baru diterima kurang dari setengah jam, benar-benar mantabbbb.

Selamat mencoba.

Entry filed under: My Lovely Gundam. Tags: , , , , , .

Nasi Goreng Rendang & Teri Medan for Bunda Mau kemana dik?

9 Komentar Add your own

  • 1. denada  |  November 5, 2012 pukul 13:55

    wow bermanfaat terima kasih ya

    Balas
    • 2. gyannara  |  November 6, 2012 pukul 06:56

      Dear Mbak Denada

      Terimakasih sudah berkunjung juga

      salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 3. erna  |  Februari 13, 2013 pukul 09:44

    kebetulan saya sedang mencari informasi mengenai ini. outlet samsat buka sampai jam berapa ya?
    trims info-nya…

    Balas
    • 4. gyannara  |  Februari 13, 2013 pukul 19:10

      Dear Mbak Erna

      Wah sorry mbak tidak lihat informasi buka sampai jam berapa, amannya datang sebelum makan siang aja.

      Salam
      Ayah Nara

      Balas
      • 5. erna  |  Februari 13, 2013 pukul 19:51

        Sipp..sipp.. Thanks for the info…

  • 6. Cah angon (@angon07)  |  Februari 15, 2013 pukul 14:05

    yang 20 ribu resmi atau pungli yah?? masak cuman cap R4 doang 20 ribu? masuk ke Negara atau kantong orang TU?

    Ane pikir itu akal2an orang samsat, biar sama2 kebagian duti pake acara cap R4 R2 di Bagian TU biar dapet duit..hhaha.. CMIWW

    Balas
    • 7. gyannara  |  Februari 15, 2013 pukul 14:26

      Dear Mas Angon

      Wah saya kurang paham, apa tarif itu resmi atau pungli, saya hanya menjalankan proses dan menceritakan pengalaman saja.

      Salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 8. yuni  |  Mei 27, 2014 pukul 08:33

    mo ty pak .. kl yg di detos itu kl hari mingu / tanggal merah buka ga ?? soalnya hr kerja sy ga bs !

    Balas
    • 9. gyannara  |  Agustus 1, 2014 pukul 13:33

      Dear Mbak Yuni

      Mohon maaf telat merespons, lagi banyak kerjaan kantor, sampai jarang ngecek blog. setau saya kalau hari libur tutup mbak.

      salam
      Ayah Nara & Ran

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 678,727 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: