Mengubah audio MKV dari DTS ke Dolby digital

Bermula dari pesan “unsupported audio” di LG 42LD450, Ayah mulai cari-cari info.  meskipun tidak satu brand, Ayah menemukan diskusi tentang LCD di salah satu forum terbesar di Indonesia. Meskipun berbeda brand, namun informasi yang ada patut di coba.

Dari informasi yang di dapat, alasan unsupported audio, karena built in Media player yang ada di LCD LG, tidak bisa membaca format DTS. croscheck MKV file yang audionya tidak di support oleh LCD LG, hasilnya semua audio berformat DTS.

informasi format audio DTS, hasil pengecekan menggunakan software media info.

Salah satu cara agar audio pada MKV file bisa diperdengarkan, adalah dengan merubah format audio di LCD, maka format audio pada file MKV tersebut harus diconvert dari DTS ke format yang bisa dikenali oleh LG42LD450. dalam forum diskusi tersebut software yang direkomendasikan adalah popcorn audio converter.

Popcorn MKV audio converter

Untuk teman-teman yang baru mencoba software ini, jangan lupa mendownload software pendukung diexternal utilities, dari program pilih option dan klik download external utilities.

software pendukung ini cukup penting, karena pengalaman Ayah Nara, tanpa ada software pendukung ini, konversi audio tidak dapat dilakukan.

Untuk memulai konversi, pada tab MKV tools, jika external utilities sudah di download, maka pada individual location akan terset lokasi software yang akan membantu tugas konversi, begitu pun juga untuk tab audio tool1, semua software pendukung akan otomatis terload jika kita sudah download external utilities. Pada source file browse file video berformat MKV yang akan di ubah audionya, dan pada target di browse lokasi hasil konversinya.

untuk konversi DTS ke Dolby digital, pada bagin kanan (tab DTS)

– jangan lupa checklist convert DTS track, pilih convert to Dolby digital,

– jika DTS track tetap ada, dan menjadi 2nd audio track, bisa pilih di option preserve DTS track,

– untuk bit rate bisa di pilih sesuai keinginan.

– DTS decoder library pilih libav

– sebaiknya untuk cleanup DTS track dipilih always, karena pengalaman Ayah Nara sebelumnya, ada beberapa movie yang berhenti di waktu-waktu tertentu dan perlu dipercepat (melewati bagian yang error tersebut). setelah semua setting sudah di set, untuk mengkonvert, tinggal pilih run.

Saat proses konversi dimulai, file akan di extract terlebih dahulu (demuxing), dan time code.

Proses selanjutnya adalah konversi DTS track ke AC3track

tahap terakhir meremux new audio yang sudah dikonversi

hasilnya setelah di konversi audio bisa dikenali di LCD LG 42LD450

66 pemikiran pada “Mengubah audio MKV dari DTS ke Dolby digital

  1. om tanya donk, saya sudah convert satu movie (karate kid), proses nya lancar, dan diputer sempurna di notebook pake player VLC..tapi entah kenapa pas di LG LED saya kok di bagian depannya error dan harus di skip,,stelah di skip sih lancar jaya sampe selesai..

    just info file size nya sekitar 8GB (Blu ray rip)..

    pls info yah, apa ada yang harus dilakuin selain step2 diatas?

    Suka

    1. Saya pernah convert audio, tapi ditengah macet, dan harus diskip, saya coba convert lagi dengan option cleanup DTS track before re-encode di check dan pilih always, setelah itu hasil file konversi tidak macet. Apa option ini sudah dicheck saat convert?

      Suka

    1. Dear Mas Deccarch

      Coba di ubah bit ratenya jadi satu step lebih kecil atau lebih besar (dari sebelumnya 384), saya pernah ada kasus dengan mengubah bitrate video yang sebelumnya macet, jadi lancar.

      semoga membantu.

      Suka

  2. Maaf Mba/Mas Nara, bisa kasih link donwload nya? sy sdh donwload cari di gugle ternyata gk bisa downloan external utilitesnya.. (tdk aktiv)

    terimakasih
    Rahman

    Suka

    1. Dear Mas Rahman

      jadi mas sudah donlod popcorn audio converternya, tapi waktu coba klik donlod external utilitiesnya tidak bisa karena tidak aktif?saya check di softwarenya, link untuk external utilitiesnya tidak bisa dilihat mas, saran saya coba donlod lagi popcorn audio converternya, kemudian coba untuk donlod external utilitiesnya, atau kalau tidak bisa juga mas donlod satu persatu toolsnya, yaitu Aften, BeSweet, DelayCut, eac3to, FAAD, MediaInfo, MKVtoolnix, NeroAAC, Normalize, OGG, SSRC, nanti di individual locationnya, mas browse ke masing-masing foldernya.

      Semoga membantu
      Ayah Nara

      Suka

  3. Trm Kasih Pak sy akan dwnload ulang, mnta tolong kasih link download popcorn audio converternya, mngkn saya salah tempat dwnload.. thx

    Salam,
    Rahman

    Suka

    1. Dear Mas Rahman

      Mohon maaf mas saya lupa link donlodnya, soalnya waktu itu saya search di google, coba cari di sourceforge.net

      Semoga membantu

      Suka

  4. Pak mau nanya? waktu saya konvert film mkv audionya bagus tapi subtitle/terjemahannya jadi hilang. Apa ada yang salah setting?

    Suka

    1. Apakah file srt sudah dicopy juga? atau kalau tidak ada srtnya cari lewat google saja pak, rename filenya sesuai dengan nama MKVnya dan dimasukkan ke folder yang sama dengan MKV filenya.

      Semoaga membantu

      Suka

  5. Dear Ayah Nara…
    Mohon ijin untuk copas artikel ini, karena sangat berguna bagi saya yg memang kebetulan saya hobi koleksi film dan kadang msh ada file yg audionya masih berformat DTS & di TV saya jg ga support. Agar saya juga ga lupa bagaimana cara mengconvertnya….

    Terima Kasih sebelumnya….

    Suka

    1. Dear Mas Wisnu

      Terimakasih sudah main-main kesini, senang rasanya informasi yang saya post bermanfaat buat rekan-rekan

      Salam
      Ayah Nara

      Suka

  6. wah bagus jg infonya mas….kebetulan sy ada pake LED LG and LED Samsung…klo sy putar video mkv dts di LED LG sy tertulis unsupport audio format tp begitu sy coba ke LED Samsung bisa keputer…,sy pikir LED LG sy yg bermasalah tp ternyata audio nya yg ga support…thanks mas atas infonya….lanjut donlot
    hehehe

    Suka

  7. mas udah saya download,saya convert tp kq hasilnya kepotong ya mas? file awal 6,5Gg 93mnt hasilnya kq cuman 2,6Gg 34mnt doang ya mas?mohon bantuanya

    Suka

    1. Dear Mas Pono

      Pengalaman saya, hasil ubahan DTS ke Dolby digita,l file sizenya tidak pernah sedrastis yang di informasikan mas Pono, ada baiknya prosesnya di ulang, dan di pastikan settingan sudah OK.

      Semoga membantu
      Salam

      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Mas

      wah, saya belum pernah ngalamin mas, coba di install ulang aja aplikasinya. btw waktu convert ada efeknya ngak mas? kalau ngak pengaruh sama hasil akhir menurut saya sih ngak apa-apa ngak usah di install ulang).

      salam
      Ayah Nara

      Suka

  8. gini ayah nara… saya udah coba convert tapi kok pada remixing nya cma sampai mapping. udah d tunggu lebih dari 10 menit ak jalan2 kenapa yah

    Suka

    1. Dear Mas Baihaqy

      Saya juga pernah mengalami seperti tidak ada respons, namun ketika saya tunggu, ada hasilnya keluar. tapi kalau kurang yakin, ulangi saja prosesnya.

      Salam

      Ayah Nara

      Suka

  9. om master yg saya hormati,,,,ada gk cara ngakalin agr movie ber audio flac ato diconvert agr format audionya bs di puter d led samsung??apa dgn cara ini bs??
    thx before

    Suka

    1. Dear Mas Okke

      Jadi malu, di panggil om master, padahal saya hanya coba-coba dan hanya share yang saya tau saja. kebetulan belum pernah nemu format audio itu, coba saja mas, dengan popcorn audio converter.

      salam

      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Mas Tazud

      Sorry mas saya lupa, coba tanya mbah google aja, waktu itu saya juga dapatnya dari mbah google.

      salam
      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Mas Hartono

      Kalau menggunakan popcorn audio converter, seperti posting saya, audionya saja yang di convert, namun dalam prosesnya, audio di extract dulu, di convert kemuadian di combine lagi dengan file videonya.

      salam
      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Mas Hartono

      Coba di close dulu programnya, dan file movienya di pindah, dan saat browse dari popcorn, diarahkan ketempat yang baru.

      Selamat mencoba
      Salam
      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Mas Faiz

      seingat saya Kalau DTS tracknya di preserve, hasil convertnya lebih besar ukurannya dibanding file aslinya, tapi kalau DTS tracknya tidak di preserve, hasilnya lebih kecil.

      salam
      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear mas Anggi

      Saya sendiri belum tau berapa bit rate yang pas, 384 kebetulan saya dapatkan saat membandingkan file yang bisa terbaca dan yang tidak, jadi saya gunakan bit rate itu, dan kebetulan jarang bermasalah

      Salam
      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Papa Vito

      kalau sudah sukses, tinggal di tonton pak, hehehe atau masih belum bisa keluar suaranya?

      Salam
      Ayah Nara & Ran

      Suka

    1. Dear papa Vito

      Defaultnya memang kalau lihat di windows explorer, file video dan audio menjadi satu MKV file, kecuali kita lakukan MKV extract, atau saat kita mau meremuxing file MKV, pada MKVtoolknix akan terlihat file MKV terdiri atas beberapa file

      Suka

  10. Mas…mau tanya saya sudah sukses convert audio dan ahamdulillah lancar. Tapi subtitle jadi hilang. Saya baca di atas cooy file srt nya?sy lihat di file asli ada file srt. Tapi saya ga tau cara copy file srtnya gimana di popcorn ini. Mohon pencerahannya. Trimakasih

    Suka

    1. Dear mas Yulvian

      Srt file bisa dicopy secara terpisah menggunakan metode copy paste dari windows explorer, samakan nama file MKV dan srt dan satukan kedalam folder yang sama. Kalau mau srtnya jadi satu dengan MKV filenya, anda bisa remuxing lagi menggunakan MKV merge, saat akan meremuxing file srtnya di centang

      Semoga membantu
      Salam

      Ayah Nara dan dd Ran

      Suka

    1. Dear Mas Asdhi

      Sepertinya bisa mas, namun belum pernah coba, mungkin teman-teman yang lain ada yang sudah pernah, dan bisa sharing disini

      Best regards

      Ayah Nara & Ran

      Suka

    1. Dear Mas Pratama

      pakai MKVextract Mas, nanti textnya dikeluarin, kalau kita satukan didalam satu folder antara MKV filenya dengan textnya, Subnya bisa muncul

      Salam
      Ayah N1ra & Ran

      Suka

  11. makasih ayah nara… aduh… ngebantu banget.. udah pusing2 seminggu ga dapat solusinya… eh ayah nara kasih pencerahan yang terbaik…. sekali lagi makasih ayah nara….

    Suka

  12. Skipping conversion – none of the audio tracks can be converted or the conversion has been disabled:
    Audio Track #1 of codec A_AC3 is not of a codec type that can be converted by AudioConverter.
    If you have no sound while playing back this file, try the “Re-sample AC3 audio tracks” option in the “&File” menu.

    terus gimana nih…

    Suka

    1. sorry nih telat merespons, lagi sibuk berat sama kerjaan dikantor. coba diulang mbak, setau saya aac3 masih bisa diconvert. kalau ngak bisa berarti mesti cari source yang lain.

      salam
      Ayah Nara & Ran

      Suka

  13. mau nanya nih Ayah Nara, sy udh nyoba semua tutorial yg dikasih dan sebagian besar sukses, tp ada problem baru nih, film2 baru keluaran tahun 2014 skrg MKVnya berformat version 4, nah format yg version 4 itu klo audionya di-convert ke ac3 pas ditengah2 film jd ilang suaranya

    padahal klo yg version 2 mah lancar jaya suaranya smpe beres film tp yg version 4 ini suaranya jd mndadak ilang di tengah2 film, tau ga gmn cara mngatasinya ??

    thank you 🙂

    Suka

    1. Mas Jonny

      Terimakasih sudah mampir kesini, sudah agak lama tidak menyentuh dunia perfilmnya jadi kurang up 2 date nih, hehehehe. apa sudah coba ubah ke Dolby digital, apakah sama hasilnya? W2 January nanti, kalau waktu sudah memungkinkan, akan saya coba format baru ini, mudah-mudahan ada solusinya.

      salam
      Ayah Nara & Ran

      Suka

  14. Siang mau tanya, sebelumnya sy sudah berhasil convert 1 film dts seperti yg dianjurkan bapak di atas, tp kemudian krn subtitle tidak muncul, sy pikir mungkin tab subtitle tools hrs diisi yg sebelumnya kosong. Tp setelah diisi, malah skrg error, kolomnya merah trus, dan tertulis file can’t be found. sy delete atau cut direktori yg sudah diadd tidak bisa dihapus. Apa solusinya ya pak? Krn skrg tombol run ke-block dan tidak bisa dijalankan

    Suka

  15. Postingannya bagus, msh valid walau sampe 2016 … hehehe .. mas nanya ya, apa bisa convert nya dilakukan sekaligus banyak file .. jd bisa ditinggal tidur .. bsk pagi sdh selesai semua gt … terima kasih

    Suka

    1. Mas Frans

      Sudah lama juga ngak update blog nih, makasih sudah berkunjung kesini. sepertinya sih ngak bisa

      Salam
      Ayah Nara & Ran

      Suka

  16. bagaimana convert audio dts hd ke dolby digital (ac3) pengalaman saya menggunakan software ini selalu eror #1.. kalau yg dts ke dolby digitalnya udah berhasil akan tetapi yang dts hd ke dolby digital tidak berhasil . mohon bantuannya pak

    Suka

  17. permisi gan mw tanya..
    saya sudah lakukan panduan seperti diatas,
    klik Run, proses extracting hanya sekedip trus gda aktifitas..
    indikator proses sukses seperti apa gan ?

    trimakasih.

    Suka

Tinggalkan komentar