Sekilas transportasi di Thailand

April 6, 2010 at 10:00 1 komentar

Sekilas mengenai transportasi di Bangkok, Ayah Nara mau sharing bagaimana transportasi yang sempat di alami saat liburan di Thailand beberapa bulan yang lalu

Taksi

Transportasi ini yang pertama kali dicoba saat sampai di Thailand, tepatnya dari Bandara Swarnabumi menuju Hotel di kawasan Banglampu, lokasi para backpaker. oh iya taksi yang ada dibandara tidak hanya jenis mobil sedan, namun ada juga minibus. ini dia fotonya

Seingat Ayah Nara, taksi jenis minibus hanya bisa dijumpai di Bandara saja, sedangkan di area lain, tidak dijumpai. Taksi jenis minibus ini biasanya tidak memakai argo, alias tembak . sedangkan untuk taksi jenis sedan ada yang pakai argo/meter dan ada yang sistem tembak. Pengalaman Ayah Nara naik taksi dengan sistem meter biayanya cukup murah.

Dua kali Ayah menemui taksi sistem tembak, yang pertama waktu mau pulang dari Suanlum night bazaar dan yang kedua saat mau balik ke Indonesia tepatnya dari Banglampu menuju Bandara.

Perahu/boat

Pengalaman berikutnya adalah transportasi sungai menggunakan perahu/boat. Ada beberapa jenis perahu yang bisa di naiki, pertama perahu berbendera biru (perahu untuk turis), harga satu tiket adalah 25bath untuk semua tujuan/destination. berikut foto perahu blue flag, beserta tiketnya.

Jenis perahu yang kedua adalah perahu berbendera orange, perahu ini sebenarnya di khususkan untuk transportasi warga lokal, namun karena harga yang lebih murah, banyak juga turis yang naik perahu jenis ini. harga tiket perhau ini adalah 13bath. berikut foto suasana di dalam perahu dan tiketnya.

yang ketiga adalah perahu dengan unlimited trips seharga 150bath, untuk perahu ini mulai beroperasi dari pukul 10 pagi sampai jam 7 malam. sayangnya jenis perahu ini belum sempat dicoba. berikut foto informasi mengenai jenis perahu ini.

Oh iya, untuk transportasi perahu ini ada semacam dermaga/stasiun/pier tempat pemberhentian perahu, yang berbendera biru dan berbendera orange berhenti di dermaga yang berbeda-beda, namun lokasinya berdekatan. berikut peta dermaganya.

Bus Kota

Jenis transportasi yang Ayah Nara coba adalah Bus kota, dua kali Ayah Nara mencoba naik bus, yang pertama adalah bus no 44 dengan rute Wat-Pho-Grand palace ke weekend market Chatucak, dan yang kedua bus no.3 dengan rute Chatucak ke Banglampu area. ini dia foto busnya.

Kedua Bus yang dinaiki itu adalah bus AC, sedangkan bus non AC belum dicoba. tarif untuk bus no 44 sebesar 15 bath dan bus no 3 sebesar 16 bath, ini dia tiket busnya.

oh iya sedikit yang berbeda di sini, adalah kernet busnya semuanya wanita. dengan membawa kecrekan (mirip pringles tp dari kaleng) yang berisi uang dan tiket bus sang kernet meminta uang tiket ke penumpang.

Mobil safari

Sebenarnya tidak layak disebut salah satu jenis transportasi, karena hanya beroperasi di sekitar chatucak-JJ mall saja. kendaraannya mirip seperti mobil safari yang ada di mekar sari,berikut foto kendaraannya

Naik kendaraan ini tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Tuk-Tuk

Ini dia salah satu transportasi yang juga dicoba saat berada di negeri gajah putih, kendaraannya mirip bajaj, cuma lebih terbuka. Tuk-tuk yang berada di Bangkok lebih kecil dan hanya bisa muat 4 orang. ini dia fotonya.

Biaya transportasi jenis ini tergantung negosiasi dengan drivernya. sedangkan Tuk-tuk yang ada di Ayuthaya, lebih mirip Bemo, tentunya dengan jumlah penumpang yang lebih banyak, bisa 6 orang (tidak termasuk bagian depan), ini dia fotonya.

Biaya transportasi tergantung negosiasi, tapi untuk jalan mengelilingi kompleks kuil di Ayuthaya, biaya perjamnya 200 bath.

Kereta Api

Transportasi ini dicoba Ayah saat perjalanan dari Bangkok (tepatnya stasiun Hualampong) menuju Ayuthaya, berikut fotonya.

Biaya untuk kelas ekonomi (no seat, siapa cepat dia dapat) hanya 15 bath dari Bangkok ke Hualampong. Jangan khawatir ngak dapet tempat duduk, soalnya kalo berangkat dari Stasiun Hualampong, kereta tidak terlalu penuh

Travel

Trans portasi yang terakhir ini berupa mobil Izusu Elf, Ayah mencoba transportasi ini dari Ayuthaya menuju Bangkok, ini dia fotonya, tidak desak-desakan kan.

Menggunakan transportasi ini dari Ayuthaya menuju Bangkok relatif lebih cepat (sekitar 1 jam).

Entry filed under: My Lovely Journey. Tags: , , .

Berburu Helm SNI Nostalgia

1 Komentar Add your own

  • 1. Tri Drian  |  Mei 20, 2010 pukul 14:18

    Transportasinya lumayan banyak…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 679,229 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: