Two Thumb Up untuk Imigrasi kota Depok

Oktober 2, 2009 at 17:41 5 komentar

28 September 2009

Hari ini Ayah sama Bunda jalan-jalan ke Imigrasi kota Depok, rencananya mau tanya-tanya prosedur pembuatan passport/paspor.  Letak kantor imigrasi kota Depok di dekat Bank BNI margonda, tepatnya kalo datang dari arah Depok/Citayam  letaknya di sebelah kiri dekat putaran bank BNI margonda.

Sampai di Imigrasi, lihat-lihat prosedur pembuatan passport, ternyata syaratnya cukup mudah dan tidak berbelit-belit, berikut prosedur pembuatan passport di Imigrasi depok.

DSC00519

Pertama-tama kita meminta formulir untuk mengajukan pembuatan passport. Formulir ini bisa diambil di koperasi imigrasi depok. Untuk dua buah formulir, cukup mengeluarkan uang 20rb ini sudah termasuk map kuning (bener ngak nih nulisnya), sama materai sebesar 3rb rupiah untuk masing-masing formulir.  Setelah formulir dibeli, kita bisa langsung mengisinya di tempat, jangan khawatir takut salah mengisi formulir, karena selain diberikan petunjuk di bagian dinding, saat pemeriksaan berkas, juga akan di bantu oleh petugas Imigrasi, jika ada isian yang perlu di tambahkan atau perlu di revisi. Berikut foto petunjuk pengisian formulir yang ada di dinding.

DSC00521

Setelah formulir di isi, kita bisa langsung menyerahkan formulir beserta syarat-syaratnya (KTP, KK, Ijazah, Surat keterangan perusahaan, akte kelahiran, dll). Untuk syarat-syarat tersebut, selain fotocopynya, kita juga perlu membawa dokumen aslinya. karena keaslian dokumen juga akan di chek di pemeriksaan berkas ini. Jika semua dokumen sudah oke, kita akan diberikan secarik kertas, yang menginformasikan agar datang untuk wawancara, foto dan pembayaran passport tiga hari kemudian (hitungan tiga harinya termasuk hari kita menyerahkan dokumen, contohnya ketika Bunda menyerahkan tanggal 28 september, Bunda diminta datang tanggal 30 September).

30 September

Seperti informasi dari petugas imigrasi, agar datang pagi-pagi, supaya prosesnya bisa cepat. jam 8 pagi Bunda sudah sampai di Imigrasi. Setelah sampai, langsung menyerahkan surat yang diberikan petugas saat menyerahkan formulir. Setelah itu pembayaran proses pembuatan Passport sebesar 270 rb. selesai membayar, Bunda lalu foto dan terakhir wawancara. oh iya, di hari ini jangan lupa membawa semua berkas aslinya kembali, karena berkasnya akan di crosscheck dan dijadikan bahan wawancara oleh petugas imigrasi. Setelah itu kita diminta datang tiga hari (termasuk hari ini) lagi untuk mengambil passportnya.

2 Oktober 2009

Seperti informasi petugas loket imigrasi kota Depok, kita diminta datang sekitar pukul 14.00-15.00. tujuannya adalah untuk pengambilan passport, karena Bunda berhalangan, pengambilan passport diwakilkan Ummi, kata ummi prosessnya cepet, begitu sampai, kemudian ke Loket dan tidak lama kemudian passport bisa diambil. Jadi kalau di hitung-hitung waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan passport adalah 5 hari kerja (Senin/28 Sep apply, Jum’at/2 Okt sudah bisa diambil).

Untuk proses pengisian dan pengambilan passport bisa diwakilkan oleh orang lain, asalkan menyertakan surat kuasa dari orang yang bersangkutan. Jadi kalau teman-teman sibuk teman-teman cukup datang pada hari ketika wawancara dan foto, sisanya bisa minta wakilkan family atau teman. Sejauh ini ayah melihat proses pembuatan passport ini tergolong mudah dan tidak ada “neko-neko” seperti biaya yang tidak jelas dan proses yang berbelit belit. “Hidup Imigrasi Kota Depok, Two thumb up untuk pelayanan prima Anda”. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi.

Entry filed under: My Lovely Uncategorized. Tags: , , , , .

Ingin Kota Depok yang lebih baik ? Service Radiator Greco Silvo

5 Komentar Add your own

  • 1. Tri Drian  |  Oktober 5, 2009 pukul 06:10

    Semoga birokrasi di Indonesia semakin baik ke depannya…

    Balas
  • 2. aprianto budi  |  Februari 13, 2010 pukul 11:34

    Bwt de nara makasi yaa atas info’a…..
    aku jg org depok lho….hihiihih..
    salam kenal yaa de….

    Balas
    • 3. gyannara  |  Februari 14, 2010 pukul 07:51

      Salam kenal juga Mas Apri/mas Budi, terimakasih sudah main-main kesini, semoga kota Depok makin sejahtera

      Balas
  • 4. paroel  |  Oktober 15, 2011 pukul 01:51

    wah.. semoga di saat saya buat.. juga sama mudahnya…
    terima kasih banyak untuk infonya mbak nara🙂

    Balas
    • 5. gyannara  |  Oktober 16, 2011 pukul 15:12

      Dear Mas? Paroel

      Terimakasih sudah main-main kesini, semoga dilancarkan urusannya.

      Ayah Nara

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 678,727 hits

Kategori


%d blogger menyukai ini: