Service Radiator Greco Silvo

Oktober 6, 2009 at 02:28 10 komentar

23 Agustus 2009

Hari ini Ayah, Bunda dan Nara Jalan-jalan ke Margocity, saat perjalanan pulang dari Margo Ayah lihat temperature mobil sudah melebihi batas tengah atawa bahasa kerennya Overheat. Padahal sebelum berangkat, paginya Ayah sudah mengecek air radiator si silvo, ngak biasa-biasanya nih si silvo, apalagi cuma dibawa jalan ke margo. Karena posisi rumah sudah dekat, rencana untuk menepi dan mengisi air radiator di batalkan, dengan yakin kita menuju rumah.

Alhamdulillah  Silvo berhasil sampai rumah dengan selamat, setelah sampai tercium aroma panas seperti terbakar dari dalam kap mesin. segera ayah buka kap mesin untuk mendinginkan suhu di dalam kap. Langsung buka reservoir AC, isinya sudah kosong, mau buka tutup radiator sedikit ragu, soalnya masih panas, jadi ditunggu kira-kira 1 jam an baru deh buka tutup radiator. tidak terlihat air sama sekali di dalam radiator, segera ayah isi radiator sampai penuh.

Radiator Bocor

Seperti layaknya seorang Mekanik, Ayah check-check radiator, dan di temukan ada rembesan air di bagian bawah radiator. Kesimpulan awal Overheat disebabkan karena radiator bocor, sehingga air radiator berkurang dan tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mendinginkan mesin. Memang dua minggu terakhir ini Ayah sedikit heran, kenapa air radiator sering kali mesti diisi setiap akan pergi, padahal biasanya tidak sesering itu.

RADIATOR

Inilah konsekuensi punya mobil tua (diatas 10 tahun) pasti banyak part yang sudah uzur, jadi perlu perhatian lebih untuk maintenance.

Service radiator

Tidak menuggu lama, Ayah pun menelpon Pakde untuk menanyakan Bengkel tempat service radiator yang ada di Depok. setelah pakde tanya-tanya penguasa Depok, dapatlah posisi bengkel radiator dekat PLN depok namanya Teman Dinamo. Berhubung besok masuk kerja, rencana service radiator di schedulekan minggu depan.

29 Agustus 2009

Pukul 07.20 Ayah dan Bunda siap-siap jalan ke Bengkel radiator, datang pagi dengan harapan, masih belum ada yang service, jadi selesainya bisa cepat. Sesampainya di bengkel radiator langsung bilang mau service radiator, ada yang bocor kayaknya. Langsung mekaniknya copot si radiator dari Silvo. Setelah copot, segera dipasang selang angin dari kompressor. Maksud pemasangan selang angin ini adalah untuk mengetahui lokasi bocor. setelah direndam kedalam bak yang berisi air, radiator diisi angin dari kompresor, terlihatlah lokasi radiator yang bocor dari gelembung-gelembung udara yang keluar dari radiator.

Mulailah radiator yang bocor tersebut di tambal (sepertinya metode yang digunakan adalah las). Paralel dua mekanik mengerjakan penambalan satu mekanik mengawasi dan satu mekanik membersihkan lubang air yang ada di mesin, setelah di check diketahui pipa L yang menghubungkan pipa dari radiator ke mesin rusak (bolong). disarankan untuk menggantinya dengan part yang baru. Bisa cari di Ramanda/autopart Depok begitu kata mekaniknya, tidak mau repot, bunda menyarankan minta tolong mekanik untuk mencarikan. oke, begitu kata mekaniknya.

Setelah proses penambalan radiator selesai, Mekanik yang mencari part L sudah kembali, jadi langsung bisa dipasang.Sambil memasang Mekanik menawarkan apakah mau di isi air dari sini atau membawa air sendiri, Ayah Bilang kita bawa air sulingan AC, kalau kurang ditambahkan pakai air tanah saja.  Selesai diisi langsung di test dengan menyalahkan mesin. setelah check dan yakin tidak ada lagi rembesan air, langsung bayar. Untuk service tambal dan bersih-bersih dikenakan 85 rb dan untuk part 50 rb, total 135 rb. Sorenya sambil jalan-jalan, ayah Nara test apakah overheat masih terjadi, Alhamdulilah overheat sudah tidak terjadi selain itu temperature untuk mencapai posisi tengah tidak secepat sebelum-sebelumnya.

Masalah lain?

Setelah sebulan service radiator, Ayah rutin mengecek air radiator sebelum pergi, dan ditemukan keanehan (menurut ayah Nara). kalau di check ke radiator, sepertinya air radiator berkurang, tapi setelah di check reservoir, jumlah airnya bertambah melebihi batas maksimal. Jadi ayah terkadang menuangkan air reservoir kedalam radiator. Cari-cari penyebabnya masih belum tau, kirain tutup radiator, tapi setelah check tutupnya 0.9 sesuai rekomendasi Greco. apa yang salah nih?

RADIATOR+CAP

14 Desember 2009, setelah proses perbaikan Power steering selesai, Om Budi ngecheck system radiator, dan ditemukan masalah berkurangnya air pada radiator adalah karena selang dekat tutup reservoir ada yang bocor. Setelah kebocorannya di tambal, gejala berkurangnya air di radiator sudah tidak ada. Alhamdulillah problem radiator solved.

About these ads

Entry filed under: My Lovely Silver. Tags: , , , , .

Two Thumb Up untuk Imigrasi kota Depok Indahnya Lombok (Part-1)

10 Komentar Add your own

  • 1. depok mania  |  Oktober 9, 2009 pukul 12:49

    Kayaknya sudah saatnya untuk ganti mobil beh :D

    Balas
  • 2. Haryo  |  Desember 9, 2009 pukul 06:48

    Permisi pak, mau tanya alamat lengkap ato ancer2 ke bengkel radiator nya. Qta punya all new juga bermasalah bocor. Klo ada no telepon bengkel nya juga boleh. Terimakasih sebelum nya.

    Balas
    • 3. gyannara  |  Desember 10, 2009 pukul 02:02

      Dear Mas Haryo

      Alamat lengkapnya : “Teman Dinamo” Jl Nusantara Raya PLN 70C. ancer-ancernya kalau dari arah jakarta Jl margonda, pertigaan sebelum terminal Depok, belok ke kanan, (Jl Arief rahman hakim Jembatan layang). Sampe ujung ada pertigaan, ambil yang kekanan (Jl Nusantara), kira-kira 15-20 meter posisi bengkelnya ada di sebelah kiri.

      Balas
  • 4. Aries  |  April 18, 2010 pukul 23:44

    Apakah mobil masih berkurang air radiatornya bos… Kalau berkurang dan tidak di temukan rembesan atau kebocoran. Kerusakan biasanya terjadi pada tutupnya. Mungkin per atau karet sudah rusak. Jd lebih baik ganti baru saja tutupnya,dgn spesifikasi yg sama.

    Balas
    • 5. gyannara  |  April 19, 2010 pukul 07:48

      Dear Mas Aries,

      Masalah sudah solve, berkurangnya air radiator karena tutup pada reservoirnya retak, setelah di tambal, air radiator sudah tidak lagi berkurang. terimakasih atas informasinya

      Balas
  • 6. tedy  |  Februari 27, 2012 pukul 07:38

    Bagus sekali wacananya, kebetulan mobil carry saya juga overheating.tapi sudah di ganti waterpump masih panas juga.akan saya coba ke service radiator.

    Regard,

    Tedy

    Balas
    • 7. gyannara  |  Maret 6, 2012 pukul 18:51

      Dear Mas Tedy

      Terimakasih sudah main-main kesini

      Salam
      Ayah Nara

      Balas
  • 8. Dodik  |  Mei 4, 2012 pukul 01:49

    Kalau service mobil dimane om? sama nih ane ada greco juga

    Balas
    • 9. gyannara  |  Mei 4, 2012 pukul 14:27

      Dear Om Dodik

      Kalo service masih campur-campurnih, ngak spesifik ke satu bengkel, kalo radiator dan teman-temannya di teman dinamo (Depok), kalo AC di rawamangun, power steering dulu pernah ke Bengkel di Putra mandiri di klender.

      Semoga Membantu
      salam

      Ayah Nara

      Balas
  • 10. visole (@viqsotwitt)  |  Juni 3, 2014 pukul 07:10

    kalau orang ada cuci perut sebulan sekali, kalau radiator ada yg namanya radiator flush utk kuras kotoran2 yg melekat hingga mempersempit aliran cairan yg mau lewat di pipa2 radiator. Mungkin bisa dicoba masukkan dalam radiator sesuai petunjuknya.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 476,759 hits

Kategori


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: